MAKALAH
PENGANTAR BISNIS
ECONOMART
Nama
Kelompok:
Eko
Prasetyawan (021112151)
Andy
(021112149)
Muhamad
Rahmat Saputra (021112145)
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
PAKUAN
2013
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahNya
kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini kamu buat
guna memenuhi tugas perkuliahan semester 2 yaitu pengantar bisnis mengenai penelitian
atau menganalisis suatu usaha yang berada di sekitar kami. Pada penelitian kali
ini kami mencoba meneliti suatu usaha kewirausahaan milik Himpunan Mahasiswa
Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor yaitu “ECONOMART”
yang merupakan satu-satunya bentuk kewirausahaan yang dimiliki Himpunan
Mahasiswa di Universitas Pakuan Bogor.
Dalam
penyusunan makalah ini tak sedikit hambatan yang kami hadapi, namun kami
menyadari kelancaran dalam penyusunan dan pembuatan makalah ini tidak lain berkat
bimbingan dosen dan kerja sama kami sebgai penulis, sehingga kendala yang kami
hadapi dapat teratasi.
Kami
pun menyadari bahwa tugas ini tentu masih ada kekurangan, baik pada teknis
maupun materi, maka dari itu kami membutuhkan keritik dan saran demi
kesempurnaan makalah yang kami buat.
Kami
berharap makalah ini dapat bermamfaan khususnya untuk penulis dan pembaca agar
dapat menjadi suatu tuntunan dalam membuka atau menjalankan suatu usaha.
Bogor, Mei 2013
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Sesuai
dengan perkembangan zaman, sering kita jumpai berbagai bisnis dalam kehidupan
sehari-hari, salah satunya adalah kewirausahaan atau biasa di kenal dengan entrepreneur.
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah,
tetapi jika kita tidak bisa mengatur itu semua, maka bangsa kita akan jatuh
kedalam keterpurukan perekonomian.
Dilihat
dari pertumbuhan perekonomian Indonesia saat ini, jumlah pengangguran di
Indonesia menduduki angka yang sangat signifikan. Namun, pemerintah belum mampu
mengatasi masalah tersebut.
Mengenai
permasalahan diatas, maka dari itu kami membahas mengenai hasil penelitian atau
menganalisis dari suatu bentuk kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Manajemen
(HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor yaitu “ECONOMART” yang akan
menjadi topik pembahasan kami.
Kami
berusaha untuk menyusun makalah ini semenarik mungkin dan memiliki isi yang
berbobot, sehingga pembaca dapat memahami dan menambah wawasan dari makalah
yang kami buat untuk belajar mendasari tentang ilmu-ilmu yang bisa di
mamfaatkan dalam berbisnis atau berwirausaha.
1.2
Tujuan
Adapun
tujuan kami membuat makalah ini agar pembaca dapat menambah wawasan pengetahuan
dan memahami tentang konsep dan ilmu-ilmu dasar yang bisa di mamfaatkan sebagai
modal ilmu untuk berbisnis dan berwirausahaa. Kami pun mengajak generasi muda
bangsa untuk berbisnis atau berwirausaha agar terciptanya lapangan pekerjaan
demi membantu terlibat langsung dalam mengurangi angka pengangguran di Negara
Indonesia yang kita cintai ini.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
2.1 Pengertian Bisnis
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis bisnis
berasal dari bahasa business yang berasal dari kata dasar busy yang bearti
“sibuk”. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, kebanyakan bisnis dimiliki
dan dikuasai oleh pihak swasta. Bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara
etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk
melakukan suatu pekerjaan yang meghasilkan keuntungan. Secara luas bisnis
adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang
menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dan keuntungan yang maksimal melalui transaksi.
Ada beberapa definisi
bisnis dari beberapa tokoh diantaranya:
a.
Menurut Brown dan Petrello
Bisnis
adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh
masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
b.
Menurut Steinford
Bisnis
adalah sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang di perlukan
atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
c.
Menurut Griffin dan Ebert
Bisnis
merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan
menghasilkan profit atau laba. (1996)
d.
Menurut Hughes dan Kapoor
Bisnis
adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan
sekaligus menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi
kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry.
e.
Menurut Allan Afuah
Bisnis
adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara
mengembangkan dan mentransformasi berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa
yang diinginkan konsumen. (2004)
f.
Menurut Glos, Steade, dan Lowry
Bisnis
merupakn jumlah seluruh kegiatan yang terorganisir oleh orang-orang yang
berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan
jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas
hidup mereka.
g.
Menurut Musselman dan Jackson
Bisnis
merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutahan dan keinginan ekonomis
masyarakat dan perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas
tersebut.
2.2 Tujuan Bisnis
Dalam
berbisnis atau berwirausaha adalah berusaha mengelolah barang untuk dijadikan
produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu barang dan jasa. Sedangkan tujuan
dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimal, yaitu suatu imbalan yang
diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
2.3 Fungsi Bisnis
Bisnis
mempunyai beberapa fungsi menurut para tokoh yaitu fungsi dalam bentuk mikro
dan makro.
Ø Menurut
Steinhoff (1979.17)
Fungsi
yang dilakukan oleh aktifitas bisnis dapat dikelompokkan dalam tiga fungsi
dasar, yaitu:
·
Acquiring Raw Materials (memperoleh
bahan baku)
·
Manufacturing Raw Materials Inti Products
·
Distributing Products to Consumers
Ø Fungsi
Mikro Bisnis
Merupakan
konstribusi kepada pihak yang berperan langsung, yaitu:
·
Pekerja atau Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak
dari hasil kinerjanya, sedangkan manajer menginginkan kinerja yang tinggi dari
karyawannya yang ditunjukkan dengan omset penjualan dan profit (laba).
·
Dewan Komisaris
Mengawasi dan memantau kegiatan
manajemen dan memastikan kegiatan berjalan dengan baik, sehingga tercapainya
tujuan dari perusahaan.
·
Pemegang Saham
Investor memiliki kepentingan dan
tanggung jawab tertentu terhadap suatu perusahaan.
Ø Fungsi
makro Bisnis
Merupakan
konstribusi kepada pihak yang tidak terlibat secara langsung, yaitu:
·
Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan konstribusi kepada masyarakat
sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan. Berupa bantuan sosial atau
biasiswa kepada masyarakat sekitar perusahaan yang masih mengenyam bangku
pendidikan.
·
Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara
diwujudkan dengan kita membayar kewajiban pajak.
BAB
III
ISI
3.1 Pembahasan
Economart
merupakan satu-satunya bentuk kewirausahaan yang dimiliki oleh Himpunan
Mahasiswa di Universitas Pakuan Bogor. Terletak di Lembaga Kemahasiswaan
Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor. Berdiri sejak tahun 2009 yang
didirikan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi,
Universitas pakuan Bogor sekaligus pengelolah.
Seiring
berjalannya waktu, Economart pun kini semangkin berkembang dan dikelolah oleh
Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor
angkatan kepengurusan tahun 2013 yang di ketuai oleh Jamas sebagai CEO pemimpin
Economart saat ini.
Economart
sendiri memiliki tempat yang sangat strategis, berada di Lembaga Kemahasiswaan
Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor. Dimana Lembaga Kemahasiswaan ini
sendiri berada di sebelah gedung Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan
Bogor yang memiliki taman dan pepohonan rindang yang biasanya digunakan
mahasiswa untuk bersantai atau beristirahat di siang hari.
3.2 Tujuan Didirikannya Economart
Economart
didirikan dengan tujuan sebagai wadah pembelajaran mahasiswa yang ingin berbisnis
atau berwirausaha. Di Economart sendiri tersedia berbagai macam jajanan dan
minuman. Sejauh ini sudah ada beberapa Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor yang
menitipkan dagangannya di Economart seperti keripik, senek, cilok,
goreng-gorengan, donat dan nasi uduk/nasi goreng yang merupakan hasil buah
tangan Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor itu sendiri.
3.3 Sistem Kerja di Economart
Economart
buka pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00 yang merupakan jam
oprasionalnya. Dimana dalam sistem kerja yang menjaga economart memiliki
pergantian waktu (shift) sebanyak tiga kali yaitu pagi, siang, dan sore yang
disesuaikan dengan jadwal kuliah anak-anak Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM),
Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor selaku pengelolah.
3.4 Omset Economart
Pada
angkatan kepengurusan Economart tahun 2013. Omset penjualan di Economart
sendiri rata-rata Rp. 350.000/hari dan jika dihitung dalam sebulan omset
penjualan Economart mencapai Rp.10.500.000. Dari omset penjualan selama
sebulan, Economart mendapat labah bersih sekitar Rp. 800.000 yang disimpan
untuk pengembangan economart jangka panjang.
3.5 Kerjasama yang Dijalin Economart
Pada
angkatan kepengurusan Economart tahun 2013 telah melakukan kerjasama kepada
coca-cola sebagai distributor dan Alfa sebagai agen pengecer untuk memasok
barang ke Economart. Hasil dari kerja sama itu, kini Economart telah memiliki
aset seperti kulkas, dispenser dan galon.
3.6 Kendala yang Dihadapi Economart
Kendala
yang dihadapi oleh Economart sejauh ini terletak pada penjaga Economart yang
rata-rata adalah mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu di
Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Walaupun sistem kerja dari yang
menjaga Economart telah disesuaikan dengan jadwal kuliah, akan tetapi selain
jadwal untuk kuliah , Mahasiswa juga mendapat tugas kuliah yang harus di
kerjakan dirumah.
BAB
IV
PENUTUP
Allhamdulillah
kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan tepat waktu. Semoga
makalah ini dapat diterima pembaca dan menambah motivasi pembaca untuk
meningkatkan jiwa entrepreneur dan sekaligus dapat membuka lapangan pekerjaan
untuk orang lain.
4.1 simpulan
Economart
merupakan salah satu bentuk kewirausahaan atau dalam bahasa Prancis di sebut
entrepreneurship dan jika di terjemahkan secara harfiah mempunyai pengertian
sebagai perantara, diartikan sebagai sikap dan prilaku mandiri yang mampu
memadukan unsur cipta, rasa, karsa dan karya, atau mampu menggabungkan unsur
kreativitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi
maksimal.
4.2 Saran dari Kami
Jangan
mudah puas dengan apa yang telah tercapai, jangan mudah menyerah untuk terus
berusaha. Economart harus mampu berkembang karena Economart merupakan hasil
pengaplikasian teori pembelajaran dan gerak nyata dari orang-orang yang
terlibat dalam penggerak sebuah perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar