Minggu, 21 Juli 2013


MAKALAH PENGANTAR BISNIS
ECONOMART

Nama Kelompok:
Eko Prasetyawan (021112151)
Andy (021112149)
Muhamad Rahmat Saputra (021112145)


JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PAKUAN
2013


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahNya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini kamu buat guna memenuhi tugas perkuliahan semester 2 yaitu pengantar bisnis mengenai penelitian atau menganalisis suatu usaha yang berada di sekitar kami. Pada penelitian kali ini kami mencoba meneliti suatu usaha kewirausahaan milik Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor yaitu “ECONOMART” yang merupakan satu-satunya bentuk kewirausahaan yang dimiliki Himpunan Mahasiswa di Universitas Pakuan Bogor.
Dalam penyusunan makalah ini tak sedikit hambatan yang kami hadapi, namun kami menyadari kelancaran dalam penyusunan dan pembuatan makalah ini tidak lain berkat bimbingan dosen dan kerja sama kami sebgai penulis, sehingga kendala yang kami hadapi dapat teratasi.
Kami pun menyadari bahwa tugas ini tentu masih ada kekurangan, baik pada teknis maupun materi, maka dari itu kami membutuhkan keritik dan saran demi kesempurnaan makalah yang kami buat.
Kami berharap makalah ini dapat bermamfaan khususnya untuk penulis dan pembaca agar dapat menjadi suatu tuntunan dalam membuka atau menjalankan suatu usaha.

Bogor, Mei 2013


Penulis



BAB I
PENDAHULUAN


1.1           Latar Belakang
Sesuai dengan perkembangan zaman, sering kita jumpai berbagai bisnis dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah kewirausahaan atau biasa di kenal dengan entrepreneur. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, tetapi jika kita tidak bisa mengatur itu semua, maka bangsa kita akan jatuh kedalam keterpurukan perekonomian.
Dilihat dari pertumbuhan perekonomian Indonesia saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angka yang sangat signifikan. Namun, pemerintah belum mampu mengatasi masalah tersebut.
Mengenai permasalahan diatas, maka dari itu kami membahas mengenai hasil penelitian atau menganalisis dari suatu bentuk kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor yaitu “ECONOMART” yang akan menjadi topik pembahasan kami.
Kami berusaha untuk menyusun makalah ini semenarik mungkin dan memiliki isi yang berbobot, sehingga pembaca dapat memahami dan menambah wawasan dari makalah yang kami buat untuk belajar mendasari tentang ilmu-ilmu yang bisa di mamfaatkan dalam berbisnis atau berwirausaha.

1.2           Tujuan
Adapun tujuan kami membuat makalah ini agar pembaca dapat menambah wawasan pengetahuan dan memahami tentang konsep dan ilmu-ilmu dasar yang bisa di mamfaatkan sebagai modal ilmu untuk berbisnis dan berwirausahaa. Kami pun mengajak generasi muda bangsa untuk berbisnis atau berwirausaha agar terciptanya lapangan pekerjaan demi membantu terlibat langsung dalam mengurangi angka pengangguran di Negara Indonesia yang kita cintai ini.
BAB II
KAJIAN TEORI


2.1    Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis bisnis berasal dari bahasa business yang berasal dari kata dasar busy yang bearti “sibuk”. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, kebanyakan bisnis dimiliki dan dikuasai oleh pihak swasta. Bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan suatu pekerjaan yang meghasilkan keuntungan. Secara luas bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimal melalui transaksi.
Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya:
a.     Menurut Brown dan Petrello
Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
b.     Menurut Steinford
Bisnis adalah sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang di perlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
c.      Menurut Griffin dan Ebert
Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan menghasilkan profit atau laba. (1996)
d.     Menurut Hughes dan Kapoor
Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan sekaligus menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry.

e.      Menurut Allan Afuah
Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasi berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
f.       Menurut Glos, Steade, dan Lowry
Bisnis merupakn jumlah seluruh kegiatan yang terorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
g.     Menurut Musselman dan Jackson
Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutahan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

2.2    Tujuan Bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha adalah berusaha mengelolah barang untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu barang dan jasa. Sedangkan tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimal, yaitu suatu imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

2.3    Fungsi Bisnis
Bisnis mempunyai beberapa fungsi menurut para tokoh yaitu fungsi dalam bentuk mikro dan makro.
Ø Menurut Steinhoff (1979.17)
Fungsi yang dilakukan oleh aktifitas bisnis dapat dikelompokkan dalam tiga fungsi dasar, yaitu:
·        Acquiring Raw Materials (memperoleh bahan baku)
·        Manufacturing Raw Materials Inti Products
·        Distributing Products to Consumers

Ø Fungsi Mikro Bisnis
Merupakan konstribusi kepada pihak yang berperan langsung, yaitu:
·        Pekerja atau Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kinerjanya, sedangkan manajer menginginkan kinerja yang tinggi dari karyawannya yang ditunjukkan dengan omset penjualan dan profit (laba).
·        Dewan Komisaris
Mengawasi dan memantau kegiatan manajemen dan memastikan kegiatan berjalan dengan baik, sehingga tercapainya tujuan dari perusahaan.
·        Pemegang Saham
Investor memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap suatu perusahaan.

Ø Fungsi makro Bisnis
Merupakan konstribusi kepada pihak yang tidak terlibat secara langsung, yaitu:
·        Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan konstribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan. Berupa bantuan sosial atau biasiswa kepada masyarakat sekitar perusahaan yang masih mengenyam bangku pendidikan.
·        Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara diwujudkan dengan kita membayar kewajiban pajak.







BAB III
ISI


3.1    Pembahasan
Economart merupakan satu-satunya bentuk kewirausahaan yang dimiliki oleh Himpunan Mahasiswa di Universitas Pakuan Bogor. Terletak di Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor. Berdiri sejak tahun 2009 yang didirikan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas pakuan Bogor sekaligus pengelolah.
Seiring berjalannya waktu, Economart pun kini semangkin berkembang dan dikelolah oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor angkatan kepengurusan tahun 2013 yang di ketuai oleh Jamas sebagai CEO pemimpin Economart saat ini.
Economart sendiri memiliki tempat yang sangat strategis, berada di Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor. Dimana Lembaga Kemahasiswaan ini sendiri berada di sebelah gedung Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor yang memiliki taman dan pepohonan rindang yang biasanya digunakan mahasiswa untuk bersantai atau beristirahat di siang hari.

3.2    Tujuan Didirikannya Economart
Economart didirikan dengan tujuan sebagai wadah pembelajaran mahasiswa yang ingin berbisnis atau berwirausaha. Di Economart sendiri tersedia berbagai macam jajanan dan minuman. Sejauh ini sudah ada beberapa Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor yang menitipkan dagangannya di Economart seperti keripik, senek, cilok, goreng-gorengan, donat dan nasi uduk/nasi goreng yang merupakan hasil buah tangan Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor itu sendiri.

3.3    Sistem Kerja di Economart
Economart buka pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00 yang merupakan jam oprasionalnya. Dimana dalam sistem kerja yang menjaga economart memiliki pergantian waktu (shift) sebanyak tiga kali yaitu pagi, siang, dan sore yang disesuaikan dengan jadwal kuliah anak-anak Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan Bogor selaku pengelolah.

3.4    Omset Economart
Pada angkatan kepengurusan Economart tahun 2013. Omset penjualan di Economart sendiri rata-rata Rp. 350.000/hari dan jika dihitung dalam sebulan omset penjualan Economart mencapai Rp.10.500.000. Dari omset penjualan selama sebulan, Economart mendapat labah bersih sekitar Rp. 800.000 yang disimpan untuk pengembangan economart jangka panjang.

3.5    Kerjasama yang Dijalin Economart
Pada angkatan kepengurusan Economart tahun 2013 telah melakukan kerjasama kepada coca-cola sebagai distributor dan Alfa sebagai agen pengecer untuk memasok barang ke Economart. Hasil dari kerja sama itu, kini Economart telah memiliki aset seperti kulkas, dispenser dan galon.

3.6    Kendala yang Dihadapi Economart
          Kendala yang dihadapi oleh Economart sejauh ini terletak pada penjaga Economart yang rata-rata adalah mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Walaupun sistem kerja dari yang menjaga Economart telah disesuaikan dengan jadwal kuliah, akan tetapi selain jadwal untuk kuliah , Mahasiswa juga mendapat tugas kuliah yang harus di kerjakan dirumah.


BAB IV
PENUTUP

Allhamdulillah kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan tepat waktu. Semoga makalah ini dapat diterima pembaca dan menambah motivasi pembaca untuk meningkatkan jiwa entrepreneur dan sekaligus dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

4.1    simpulan
Economart merupakan salah satu bentuk kewirausahaan atau dalam bahasa Prancis di sebut entrepreneurship dan jika di terjemahkan secara harfiah mempunyai pengertian sebagai perantara, diartikan sebagai sikap dan prilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta, rasa, karsa dan karya, atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal.

4.2    Saran dari Kami
Jangan mudah puas dengan apa yang telah tercapai, jangan mudah menyerah untuk terus berusaha. Economart harus mampu berkembang karena Economart merupakan hasil pengaplikasian teori pembelajaran dan gerak nyata dari orang-orang yang terlibat dalam penggerak sebuah perubahan.







DSCF9275.JPG
DSCF9280.JPG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar